Selasa, 23 Februari 2016

Teknik Dasar Futsal (Mengumpan-Kontrol Bola)

Beranda

Sabtu, 21 Juli 2012

Tehnik Dasar Futsal ( mengumpan - kontrol bola)


Teknik Dasar Futsal (Mengumpan-Kontrol Bola)

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Sesungguhnya segala puji bagi Allah. Kita memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan-Nya. Dan kita berlindung kepada Allah dari jahatnya nafsu dan jeleknya amalan. Barangsiapa yang diberi hidayah oleh Allah maka tiada yang mampu menyesatkannya dan barangsiapa yang telah disesatkan-Nya maka tiada yang mampu menunjukinya. Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang benar untuk diibadahi selain Allah saja, tiada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad Shallalahu alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya.
Amma ba’du 
kali ini saya akan menyajikan artikel tentang futsal, kali ini saya akan bahas tentang teknik dasar bermain Futsal. Disini kita akan membahas tentang tehnik dasar bermain Futsal Mengumpan dan kontrol bola, yang merupakan dasar dari permainan futsal.
Dan teknik dasar dalam Futsal itu diantaranya:
1. menumpan-Kontrol Bola
Perlu diingat bahwa tehnik dasar sangat menentukan gaya permainan seseorang, dengan menguasai tehnik dasar pemain dapat mendominsasi permainan bahkan memenangkan permainan. Mengumpan-kontrol adalah nyawa dalam futsal.
Teknik Dasar mengumpan-kontrol diantaranya:
a.mengumpan dengan kaki bagian dalam.
Mengumpan ini penting untuk mengumpan ke teman dalam jangkauan yang dekat/tidak terlalu jauh, karena mengumpan dengan kaki dalam akan sangat akurat. Dan dapat diterapkan ketika tempo bermain cepat. Tetapi mengumpan ini tidak cocok untuk mengumpan jauh, karena akan mudah di potong lawan dan kurang keras. Teknik nya sendiri adalah kaki tumpuan(yang tidak digunakan untuk mengumpan) menumpu pada samping bola, ini bertujuan agar bola yang kita mengumpan akan akurat arahnya.
b. Mengumpan dengan kaki bagian luar.
Mengumpan ini penting untuk mengumpan ke teman dalam jangkauan yang jauh, karena dengan mengumpan ini bola akan mengalir cukup kencang dan cukup akurat. Tekniknya adalah tendang bola dengan kaki bagian luar dan perhatikan kecepatan serta akurasinya.
c. Mengumpan dengan cara chipping(melambungkan bola).
Mengumpan ini penting untuk mengumpan ke teman dalam jangkauan yang jauh juga, bedanya dengan mengumpan ini bola di chip keatas, mengumpan ini sangat dibutuhkan ketika lawan bermain cukup rapat dan kita sulit untuk menembus pertahananya. Dibutuhkan latihan teratur karena mengumpan ini cukup susah untuk hal akurasi dan kecepatanya. Tekniknya adalah tempatkan kaki tumpuan disamping bola, kemudian ayunkan kaki, usahakan gunakan ujung kaki, jaga akurasi. Perlu dilakukan berulang-ulang dalam latihan agar dapat menjaga akurasi.
Sementara untuk teknik kontrol sendiri, menurut saya hanya ada 1 teknik yang tepat yaitu kontrol dengan telapak kaki, karena futsal dimainkan dilapangan yang rata(parquit/vinyl) sehingga bola akan mudah dikuasai dengan telapak kaki dan akan lebih aman dari rebutan lawan.
Terimkasih.
 
 
sumber   http://bsastrawan.blogspot.co.id/2012/07/tehnik-dasar-futsal-mengumpan-kontrol.html

0 komentar:

Posting Komentar